Sabtu, 12 November 2011

RPP bahasa Jepang XII sma pertemuan








教案Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 
 





                                                                                                           
従業回    :   6-7
Pertemuan ke
クラス       :   XII
テーマ       :  Kegemaran (しゅみ)
目標           :  Dapat menyebutkan jenis-jenis kegemaran agar dapat mengungkapkan kegemaran
Target
Alur 流れ (時間)
Isi Pengajaran学習内容
Alat Bantu
教材
授業の導入
Pengantar
-    Menunjukkan target pelajaran pada pertemuan ini dan memotivasi siswa dengan bertanya dalam bahasa Indonesia tentang kegemaran
-    Jelaskan kepada siswa bahwa pertanyaan tadi adalah pelajaran pada hari ini


復習
Pengulangan Pelajaran
Kosakata lama: おんがくをききます
絵カード
導入
Pengenalan Materi
Kosakata baru:
きってをあつめます、まんがをよみます、ギターをひきます、
ピアノをひきます、りょこうをします、おりがみをおります、
ダンスをします、うたをうたいます、えをかきます、しゃしんを
とります、りょうりをつくります
Dengan memperlihatkan絵カード dan 文字カード, guru melatih siswa mengucapkan kosakata baru dalam bahasa Jepang
Kelas - kelompok – siswa

Menerangkan pola kalimat:
-    Perubahan kata kerja bentuk kamus
-    KB(orang)の しゅみは KK(bentuk kamus)ことです。


絵カード
文字カード



基本練習
Latihan Dasar
-    Latihan pengulangan
Guru: わたしの しゅみは おんがくを きくことです。
Siswa:  わたしの しゅみは おんがくを きくことです。

-    Latihan pergantian
Guru:  しゅみは りょこうをすることです。
Siswa:  しゅみは りょうりをつくることです。

-    Latihan Tanya jawab
Guru: アリさんの しゅみは 何ですか。
Siswa:  まんがをよむことです。

もじカード
絵カード












応用練習
Latihan Penerapan

# Pra kegiatan
-       Guru menerangkan situasi dan tujuan kegiatan
-       Guru mencontohkan dan melatih kalimat yang akan digunakan dalam kegiatan
-       Guru meminta siswa mencontohkan kegiatan yang akan dilakukan agar semua siswa paham
-       Guru menerangkan cara membuat laporan
-       Guru membagikan kertas yang berisi kegiatan
-       Guru meminta siswa untuk mengisi kolom saya dahulu

# Kegiatan
-       Guru memantau dan memastikan siswa melakukan kegiatan dengan benar

# Pasca kegiatan
-       Guru meminta 3 orang siswa ke depan, 2 orang siswa bertanya jawab dan 1 orang siswa membacakan laporannya



まとめ
Kesimpulan
Mereview pelajaran pada hari ini dan menanyakan apabila ada yang belum dimengerti siswa

Memotivasi siswa dengan mempraktekkan atau bertanya kepada siswa dengan menggunakan kata/kalimat yang telah dipelajari (dalam bahasa Jepang)




1 komentar: