Sabtu, 12 November 2011

RPP bahasa Jepang XII sma pertemuan 8-14





教案Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 
 





                                                                                                             
従業回    :   8
Pertemuan ke
クラス       :   XII
テーマ       :  Kegemaran (しゅみ)
目標           :  Dapat menyebutkan kegiatan seseorang yang sedang berlangsung
Target
Alur 流れ (時間)
Isi Pengajaran学習内容
Alat Bantu
教材
授業の導入
Pengantar
-    Menunjukkan target pelajaran pada pertemuan ini dan memotivasi siswa dengan bertanya dalam bahasa Indonesia tentang kegiatan seseorang yang sedang berlangsung
-    Jelaskan kepada siswa bahwa pertanyaan tadi adalah pelajaran pada hari ini


復習
Pengulangan Pelajaran
Kosakata lama: おんがくをききます
絵カード
導入
Pengenalan Materi
Kosakata baru:
きってをあつめます、まんがをよみます、ギターをひきます、
ピアノをひきます、りょこうをします、おりがみをおります、
ダンスをします、うたをうたいます、えをかきます、しゃしんを
とります、りょうりをつくります
Dengan memperlihatkan絵カード dan 文字カード, guru melatih siswa mengucapkan kosakata baru dalam bahasa Jepang
Kelas - kelompok – siswa

Menerangkan pola kalimat:
KB(orang) KK(bentuk )います。


絵カード
文字カード



基本練習
Latihan Dasar
-    Latihan pengulangan
Guru: おとうとは おんがくを きいています。
Siswa:  おとうとは おんがくを きいています。

-    Latihan pergantian
Guru:  おとうとは おんがくを きいています。
Siswa:  おとうとは まんがを よんでいます。

-    Latihan Tanya jawab
Guru: アリさんは いま何を していますか。
Siswa:  えを かいています。

もじカード
絵カード












応用練習
Latihan Penerapan

# Pra kegiatan
-       Guru menerangkan situasi dan tujuan kegiatan
-       Guru mencontohkan dan melatih kalimat yang akan digunakan dalam kegiatan
-       Guru meminta siswa mencontohkan kegiatan yang akan dilakukan agar semua siswa paham
-       Guru menerangkan cara membuat laporan
-       Guru membagikan kertas yang berisi kegiatan
-       Guru meminta siswa untuk mengisi kolom saya dahulu

# Kegiatan
-       Guru memantau dan memastikan siswa melakukan kegiatan dengan benar

# Pasca kegiatan
-       Guru meminta 3 orang siswa ke depan, 2 orang siswa bertanya jawab dan 1 orang siswa membacakan laporannya



まとめ
Kesimpulan
Mereview pelajaran pada hari ini dan menanyakan apabila ada yang belum dimengerti siswa

Memotivasi siswa dengan mempraktekkan atau bertanya kepada siswa dengan menggunakan kata/kalimat yang telah dipelajari (dalam bahasa Jepang)
































教案Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 
 





                                                                                                           
従業回    :   9
Pertemuan ke
クラス       :   XII
テーマ       :  Kemampuan (できること)
目標           :  Dapat menyebutkan macam-macam bahasa asing serta berlatih mengungkapkan kemampuan berbahasa asing
Target
Alur 流れ (時間)
Isi Pengajaran学習内容
Alat Bantu
教材
授業の導入
Pengantar
-    Menunjukkan target pelajaran pada pertemuan ini dan memotivasi siswa dengan bertanya dalam bahasa Indonesia tentang macam-macam bahasa asing
-    Jelaskan kepada siswa bahwa pertanyaan tadi adalah pelajaran pada hari ini


復習
Pengulangan Pelajaran
Kosakata lama: 日本語、えい語
文字カード
導入
Pengenalan Materi
Kosakata baru:
ドイツ語、アラビア語、ちゅうごく語、フランス語、わかります(わかる)、すこし、ぜんぜん
Dengan memperlihatkan文字カード, guru melatih siswa mengucapkan kosakata baru dalam bahasa Jepang
Kelas - kelompok – siswa

Menerangkan pola kalimat:
KB(orang) KB(bahasa)が わかります。


文字カード



基本練習
Latihan Dasar
-    Latihan pengulangan
Guru: わたしは 日本語が わかります。
Siswa:  わたしは 日本語が わかります。

-    Latihan pergantian
Guru:  わたしは 日本語が わかります。
Siswa:  わたしは アラビア語が わかります。

-    Latihan Tanya jawab
Guru: アリさんは フランス語が わかりますか。
Siswa:  いいえ、ぜんぜん わかりません。

もじカード













応用練習
Latihan Penerapan

# Pra kegiatan
-       Guru menerangkan situasi dan tujuan kegiatan
-       Guru mencontohkan dan melatih kalimat yang akan digunakan dalam kegiatan
-       Guru meminta siswa mencontohkan kegiatan yang akan dilakukan agar semua siswa paham
-       Guru menerangkan cara membuat laporan
-       Guru membagikan kertas yang berisi kegiatan
-       Guru meminta siswa untuk mengisi kolom saya dahulu

# Kegiatan
-       Guru memantau dan memastikan siswa melakukan kegiatan dengan benar

# Pasca kegiatan
-       Guru meminta 3 orang siswa ke depan, 2 orang siswa bertanya jawab dan 1 orang siswa membacakan laporannya




まとめ
Kesimpulan
Mereview pelajaran pada hari ini dan menanyakan apabila ada yang belum dimengerti siswa

Memotivasi siswa dengan mempraktekkan atau bertanya kepada siswa dengan menggunakan kata/kalimat yang telah dipelajari (dalam bahasa Jepang)































教案Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 
 





                                                                                                           
従業回    :   10
Pertemuan ke
クラス       :   XII
テーマ       :  Kemampuan (できること)
目標           :  Dapat menyebutkan macam-macam tarian dan olah raga serta ungkapan yang menyatakan menguasai kegiatan tersebut
Target
Alur 流れ (時間)
Isi Pengajaran学習内容
Alat Bantu
教材
授業の導入
Pengantar
-    Menunjukkan target pelajaran pada pertemuan ini dan memotivasi siswa dengan bertanya dalam bahasa Indonesia tentang macam-macam tarian dan olah raga
-    Jelaskan kepada siswa bahwa pertanyaan tadi adalah pelajaran pada hari ini


復習
Pengulangan Pelajaran
Kosakata lama: スポーツ
絵カード
導入
Pengenalan Materi
Kosakata baru:
ダンス、ケチャック.ダンス、ジャイポン.ダンス、サマン.ダンス
スリンピ.ダンス、できます(できる)
Dengan memperlihatkan絵カード dan 文字カード, guru melatih siswa mengucapkan kosakata baru dalam bahasa Jepang
Kelas - kelompok – siswa

Menerangkan pola kalimat:
KB(orang) KB(hal)が できます。


絵カード
文字カード



基本練習
Latihan Dasar
-    Latihan pengulangan
Guru: わたしは テニスが できます。
Siswa:  わたしは テニスが できます。 

-    Latihan pergantian
Guru:  わたしは テニスが できます。
Siswa:  わたしは からてが できます。

-    Latihan Tanya jawab
Guru: アリさんは どんな スポーツができますか。
Siswa:  バドミントンが できます。

絵カード
もじカード













応用練習
Latihan Penerapan

# Pra kegiatan
-       Guru menerangkan situasi dan tujuan kegiatan
-       Guru mencontohkan dan melatih kalimat yang akan digunakan dalam kegiatan
-       Guru meminta siswa mencontohkan kegiatan yang akan dilakukan agar semua siswa paham
-       Guru menerangkan cara membuat laporan
-       Guru membagikan kertas yang berisi kegiatan
-       Guru meminta siswa untuk mengisi kolom saya dahulu

# Kegiatan
-       Guru memantau dan memastikan siswa melakukan kegiatan dengan benar

# Pasca kegiatan
-       Guru meminta 3 orang siswa ke depan, 2 orang siswa bertanya jawab dan 1 orang siswa membacakan laporannya




まとめ
Kesimpulan
Mereview pelajaran pada hari ini dan menanyakan apabila ada yang belum dimengerti siswa

Memotivasi siswa dengan mempraktekkan atau bertanya kepada siswa dengan menggunakan kata/kalimat yang telah dipelajari (dalam bahasa Jepang)



























教案Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 
 





                                                                                                           
従業回    :   11
Pertemuan ke
クラス       :   XII
テーマ       :  Kemampuan (できること)
目標           :  Dapat menyebutkan macam-macam alat musik dan ungkapan yang menyatakan mampu memainkan alat musik
Target
Alur 流れ (時間)
Isi Pengajaran学習内容
Alat Bantu
教材
授業の導入
Pengantar
-    Menunjukkan target pelajaran pada pertemuan ini dan memotivasi siswa dengan bertanya dalam bahasa Indonesia tentang macam-macam alat musik
-    Jelaskan kepada siswa bahwa pertanyaan tadi adalah pelajaran pada hari ini


復習
Pengulangan Pelajaran
Kosakata lama: ピアノをひおきます、ギターをひきます
絵カード
導入
Pengenalan Materi
Kosakata baru:
キーボードをひきます、ドラムをたたきます、グンダンをたたきます
ふえをふきます、つかいます
Dengan memperlihatkan絵カード dan 文字カード, guru melatih siswa mengucapkan kosakata baru dalam bahasa Jepang
Kelas - kelompok – siswa

Menerangkan pola kalimat:
KB(orang) KK(bentuk kamus)ことが できます。


絵カード
文字カード



基本練習
Latihan Dasar
-    Latihan pengulangan
Guru: わたしは ピアノを ひくことが できます。
Siswa:  わたしは ピアノを ひくことが できます。 

-    Latihan pergantian
Guru:  わたしは ギターを ひくことが できます。
Siswa:  わたしは ふえを ふくことが できます。

-    Latihan tanya jawab
Guru: アリさんは ギターを ひくことが できますか。
Siswa:  はい、すこし できます。

絵カード
もじカード














応用練習
Latihan Penerapan

# Pra kegiatan
-       Guru menerangkan situasi dan tujuan kegiatan
-       Guru mencontohkan dan melatih kalimat yang akan digunakan dalam kegiatan
-       Guru meminta siswa mencontohkan kegiatan yang akan dilakukan agar semua siswa paham
-       Guru menerangkan cara membuat laporan
-       Guru membagikan kertas yang berisi kegiatan
-       Guru meminta siswa untuk mengisi kolom saya dahulu

# Kegiatan
-       Guru memantau dan memastikan siswa melakukan kegiatan dengan benar

# Pasca kegiatan
-       Guru meminta 3 orang siswa ke depan, 2 orang siswa bertanya jawab dan 1 orang siswa membacakan laporannya





まとめ
Kesimpulan
Mereview pelajaran pada hari ini dan menanyakan apabila ada yang belum dimengerti siswa

Memotivasi siswa dengan mempraktekkan atau bertanya kepada siswa dengan menggunakan kata/kalimat yang telah dipelajari (dalam bahasa Jepang)































教案Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 
 





                                                                                                           
従業回    :   12-14
Pertemuan ke
クラス       :   XII
テーマ       :  Kemampuan (できること)
目標           :  Dapat mengungkapkan tingkat kemahiran dan jangka waktu yang dibutuhkan untuk menguasai kemahiran tersebut
Target
Alur 流れ (時間)
Isi Pengajaran学習内容
Alat Bantu
教材
授業の導入
Pengantar
-    Menunjukkan target pelajaran pada pertemuan ini dan memotivasi siswa dengan bertanya dalam bahasa Indonesia tentang tingkat kemahiran dan jangka waktu yang dibutuhkan untuk menguasai kemahiran tersebut
-    Jelaskan kepada siswa bahwa pertanyaan tadi adalah pelajaran pada hari ini


復習
Pengulangan Pelajaran
Kosakata lama: うた、だんす、ギター、ピアノ、え、コンピューター
絵カード
導入
Pengenalan Materi
Kosakata baru:
じょうず(な)、へた(な)、とくい(な)、ならいます
Jangka waktu ~か月、~
Dengan memperlihatkan絵カード dan 文字カード, guru melatih siswa mengucapkan kosakata baru dalam bahasa Jepang
Kelas - kelompok – siswa

Menerangkan pola kalimat:
-          KB(orang) KB(hal)が じょうず / へた / とくいです。
-          KB(jangka waktu)ぐらい ならいました。


絵カード
文字カード



基本練習
Latihan Dasar
-    Latihan pengulangan
Guru: わたしは ピアノが じょうずです。
Siswa:  わたしは ピアノが じょうずです。 

-    Latihan pergantian
Guru:  わたしは ピアノが じょうずです。
Siswa:  わたしは ギターが へたです。

-    Latihan tanya jawab
Guru: どのぐらい 日本語を ならいましたか。
Siswa:  10か月ぐらい ならいました。

絵カード
もじカード












応用練習
Latihan Penerapan

# Pra kegiatan
-       Guru menerangkan situasi dan tujuan kegiatan
-       Guru mencontohkan dan melatih kalimat yang akan digunakan dalam kegiatan
-       Guru meminta siswa mencontohkan kegiatan yang akan dilakukan agar semua siswa paham
-       Guru menerangkan cara membuat laporan
-       Guru membagikan kertas yang berisi kegiatan
-       Guru meminta siswa untuk mengisi kolom saya dahulu

# Kegiatan
-       Guru memantau dan memastikan siswa melakukan kegiatan dengan benar

# Pasca kegiatan
-       Guru meminta 3 orang siswa ke depan, 2 orang siswa bertanya jawab dan 1 orang siswa membacakan laporannya



まとめ
Kesimpulan
Mereview pelajaran pada hari ini dan menanyakan apabila ada yang belum dimengerti siswa

Memotivasi siswa dengan mempraktekkan atau bertanya kepada siswa dengan menggunakan kata/kalimat yang telah dipelajari (dalam bahasa Jepang)















Tidak ada komentar:

Posting Komentar