|
従業回 : 8 Pertemuan ke | ||
クラス : XII | ||
テーマ : Kegemaran (しゅみ) | ||
目標 : Dapat menyebutkan kegiatan seseorang yang sedang berlangsung Target | ||
Alur 流れ (時間) | Isi Pengajaran学習内容 | Alat Bantu 教材 |
授業の導入 Pengantar | - Menunjukkan target pelajaran pada pertemuan ini dan memotivasi siswa dengan bertanya dalam bahasa Indonesia tentang kegiatan seseorang yang sedang berlangsung - Jelaskan kepada siswa bahwa pertanyaan tadi adalah pelajaran pada hari ini | |
復習 Pengulangan Pelajaran | Kosakata lama: おんがくをききます | 絵カード |
導入 Pengenalan Materi | Kosakata baru: きってをあつめます、まんがをよみます、ギターをひきます、 ピアノをひきます、りょこうをします、おりがみをおります、 ダンスをします、うたをうたいます、えをかきます、しゃしんを とります、りょうりをつくります Dengan memperlihatkan絵カード dan 文字カード, guru melatih siswa mengucapkan kosakata baru dalam bahasa Jepang Kelas - kelompok – siswa Menerangkan pola kalimat: KB(orang)は KK(bentuk て)います。 | 絵カード 文字カード |
基本練習 Latihan Dasar | - Latihan pengulangan Guru: おとうとは おんがくを きいています。 Siswa: おとうとは おんがくを きいています。 - Latihan pergantian Guru: おとうとは おんがくを きいています。 Siswa: おとうとは まんがを よんでいます。 - Latihan Tanya jawab Guru: アリさんは いま何を していますか。 Siswa: えを かいています。 | もじカード 絵カード |
応用練習 Latihan Penerapan | # Pra kegiatan - Guru menerangkan situasi dan tujuan kegiatan - Guru mencontohkan dan melatih kalimat yang akan digunakan dalam kegiatan - Guru meminta siswa mencontohkan kegiatan yang akan dilakukan agar semua siswa paham - Guru menerangkan cara membuat laporan - Guru membagikan kertas yang berisi kegiatan - Guru meminta siswa untuk mengisi kolom saya dahulu # Kegiatan - Guru memantau dan memastikan siswa melakukan kegiatan dengan benar # Pasca kegiatan - Guru meminta 3 orang siswa ke depan, 2 orang siswa bertanya jawab dan 1 orang siswa membacakan laporannya | |
まとめ Kesimpulan | Mereview pelajaran pada hari ini dan menanyakan apabila ada yang belum dimengerti siswa Memotivasi siswa dengan mempraktekkan atau bertanya kepada siswa dengan menggunakan kata/kalimat yang telah dipelajari (dalam bahasa Jepang) | |
|
従業回 : 9 Pertemuan ke | ||
クラス : XII | ||
テーマ : Kemampuan (できること) | ||
目標 : Dapat menyebutkan macam-macam bahasa asing serta berlatih mengungkapkan kemampuan berbahasa asing Target | ||
Alur 流れ (時間) | Isi Pengajaran学習内容 | Alat Bantu 教材 |
授業の導入 Pengantar | - Menunjukkan target pelajaran pada pertemuan ini dan memotivasi siswa dengan bertanya dalam bahasa Indonesia tentang macam-macam bahasa asing - Jelaskan kepada siswa bahwa pertanyaan tadi adalah pelajaran pada hari ini | |
復習 Pengulangan Pelajaran | Kosakata lama: 日本語、えい語 | 文字カード |
導入 Pengenalan Materi | Kosakata baru: ドイツ語、アラビア語、ちゅうごく語、フランス語、わかります(わかる)、すこし、ぜんぜん Dengan memperlihatkan文字カード, guru melatih siswa mengucapkan kosakata baru dalam bahasa Jepang Kelas - kelompok – siswa Menerangkan pola kalimat: KB(orang)は KB(bahasa)が わかります。 | 文字カード |
基本練習 Latihan Dasar | - Latihan pengulangan Guru: わたしは 日本語が わかります。 Siswa: わたしは 日本語が わかります。 - Latihan pergantian Guru: わたしは 日本語が わかります。 Siswa: わたしは アラビア語が わかります。 - Latihan Tanya jawab Guru: アリさんは フランス語が わかりますか。 Siswa: いいえ、ぜんぜん わかりません。 | もじカード |
応用練習 Latihan Penerapan | # Pra kegiatan - Guru menerangkan situasi dan tujuan kegiatan - Guru mencontohkan dan melatih kalimat yang akan digunakan dalam kegiatan - Guru meminta siswa mencontohkan kegiatan yang akan dilakukan agar semua siswa paham - Guru menerangkan cara membuat laporan - Guru membagikan kertas yang berisi kegiatan - Guru meminta siswa untuk mengisi kolom saya dahulu # Kegiatan - Guru memantau dan memastikan siswa melakukan kegiatan dengan benar # Pasca kegiatan - Guru meminta 3 orang siswa ke depan, 2 orang siswa bertanya jawab dan 1 orang siswa membacakan laporannya | |
まとめ Kesimpulan | Mereview pelajaran pada hari ini dan menanyakan apabila ada yang belum dimengerti siswa Memotivasi siswa dengan mempraktekkan atau bertanya kepada siswa dengan menggunakan kata/kalimat yang telah dipelajari (dalam bahasa Jepang) | |
|
従業回 : 10 Pertemuan ke | ||
クラス : XII | ||
テーマ : Kemampuan (できること) | ||
目標 : Dapat menyebutkan macam-macam tarian dan olah raga serta ungkapan yang menyatakan menguasai kegiatan tersebut Target | ||
Alur 流れ (時間) | Isi Pengajaran学習内容 | Alat Bantu 教材 |
授業の導入 Pengantar | - Menunjukkan target pelajaran pada pertemuan ini dan memotivasi siswa dengan bertanya dalam bahasa Indonesia tentang macam-macam tarian dan olah raga - Jelaskan kepada siswa bahwa pertanyaan tadi adalah pelajaran pada hari ini | |
復習 Pengulangan Pelajaran | Kosakata lama: スポーツ | 絵カード |
導入 Pengenalan Materi | Kosakata baru: ダンス、ケチャック.ダンス、ジャイポン.ダンス、サマン.ダンス スリンピ.ダンス、できます(できる) Dengan memperlihatkan絵カード dan 文字カード, guru melatih siswa mengucapkan kosakata baru dalam bahasa Jepang Kelas - kelompok – siswa Menerangkan pola kalimat: KB(orang)は KB(hal)が できます。 | 絵カード 文字カード |
基本練習 Latihan Dasar | - Latihan pengulangan Guru: わたしは テニスが できます。 Siswa: わたしは テニスが できます。 - Latihan pergantian Guru: わたしは テニスが できます。 Siswa: わたしは からてが できます。 - Latihan Tanya jawab Guru: アリさんは どんな スポーツができますか。 Siswa: バドミントンが できます。 | 絵カード もじカード |
応用練習 Latihan Penerapan | # Pra kegiatan - Guru menerangkan situasi dan tujuan kegiatan - Guru mencontohkan dan melatih kalimat yang akan digunakan dalam kegiatan - Guru meminta siswa mencontohkan kegiatan yang akan dilakukan agar semua siswa paham - Guru menerangkan cara membuat laporan - Guru membagikan kertas yang berisi kegiatan - Guru meminta siswa untuk mengisi kolom saya dahulu # Kegiatan - Guru memantau dan memastikan siswa melakukan kegiatan dengan benar # Pasca kegiatan - Guru meminta 3 orang siswa ke depan, 2 orang siswa bertanya jawab dan 1 orang siswa membacakan laporannya | |
まとめ Kesimpulan | Mereview pelajaran pada hari ini dan menanyakan apabila ada yang belum dimengerti siswa Memotivasi siswa dengan mempraktekkan atau bertanya kepada siswa dengan menggunakan kata/kalimat yang telah dipelajari (dalam bahasa Jepang) | |
|
従業回 : 11 Pertemuan ke | ||
クラス : XII | ||
テーマ : Kemampuan (できること) | ||
目標 : Dapat menyebutkan macam-macam alat musik dan ungkapan yang menyatakan mampu memainkan alat musik Target | ||
Alur 流れ (時間) | Isi Pengajaran学習内容 | Alat Bantu 教材 |
授業の導入 Pengantar | - Menunjukkan target pelajaran pada pertemuan ini dan memotivasi siswa dengan bertanya dalam bahasa Indonesia tentang macam-macam alat musik - Jelaskan kepada siswa bahwa pertanyaan tadi adalah pelajaran pada hari ini | |
復習 Pengulangan Pelajaran | Kosakata lama: ピアノをひおきます、ギターをひきます | 絵カード |
導入 Pengenalan Materi | Kosakata baru: キーボードをひきます、ドラムをたたきます、グンダンをたたきます ふえをふきます、つかいます Dengan memperlihatkan絵カード dan 文字カード, guru melatih siswa mengucapkan kosakata baru dalam bahasa Jepang Kelas - kelompok – siswa Menerangkan pola kalimat: KB(orang)は KK(bentuk kamus)ことが できます。 | 絵カード 文字カード |
基本練習 Latihan Dasar | - Latihan pengulangan Guru: わたしは ピアノを ひくことが できます。 Siswa: わたしは ピアノを ひくことが できます。 - Latihan pergantian Guru: わたしは ギターを ひくことが できます。 Siswa: わたしは ふえを ふくことが できます。 - Latihan tanya jawab Guru: アリさんは ギターを ひくことが できますか。 Siswa: はい、すこし できます。 | 絵カード もじカード |
応用練習 Latihan Penerapan | # Pra kegiatan - Guru menerangkan situasi dan tujuan kegiatan - Guru mencontohkan dan melatih kalimat yang akan digunakan dalam kegiatan - Guru meminta siswa mencontohkan kegiatan yang akan dilakukan agar semua siswa paham - Guru menerangkan cara membuat laporan - Guru membagikan kertas yang berisi kegiatan - Guru meminta siswa untuk mengisi kolom saya dahulu # Kegiatan - Guru memantau dan memastikan siswa melakukan kegiatan dengan benar # Pasca kegiatan - Guru meminta 3 orang siswa ke depan, 2 orang siswa bertanya jawab dan 1 orang siswa membacakan laporannya | |
まとめ Kesimpulan | Mereview pelajaran pada hari ini dan menanyakan apabila ada yang belum dimengerti siswa Memotivasi siswa dengan mempraktekkan atau bertanya kepada siswa dengan menggunakan kata/kalimat yang telah dipelajari (dalam bahasa Jepang) | |
|
従業回 : 12-14 Pertemuan ke | ||
クラス : XII | ||
テーマ : Kemampuan (できること) | ||
目標 : Dapat mengungkapkan tingkat kemahiran dan jangka waktu yang dibutuhkan untuk menguasai kemahiran tersebut Target | ||
Alur 流れ (時間) | Isi Pengajaran学習内容 | Alat Bantu 教材 |
授業の導入 Pengantar | - Menunjukkan target pelajaran pada pertemuan ini dan memotivasi siswa dengan bertanya dalam bahasa Indonesia tentang tingkat kemahiran dan jangka waktu yang dibutuhkan untuk menguasai kemahiran tersebut - Jelaskan kepada siswa bahwa pertanyaan tadi adalah pelajaran pada hari ini | |
復習 Pengulangan Pelajaran | Kosakata lama: うた、だんす、ギター、ピアノ、え、コンピューター | 絵カード |
導入 Pengenalan Materi | Kosakata baru: じょうず(な)、へた(な)、とくい(な)、ならいます Jangka waktu ~か月、~年 Dengan memperlihatkan絵カード dan 文字カード, guru melatih siswa mengucapkan kosakata baru dalam bahasa Jepang Kelas - kelompok – siswa Menerangkan pola kalimat: - KB(orang)は KB(hal)が じょうず / へた / とくいです。 - KB(jangka waktu)ぐらい ならいました。 | 絵カード 文字カード |
基本練習 Latihan Dasar | - Latihan pengulangan Guru: わたしは ピアノが じょうずです。 Siswa: わたしは ピアノが じょうずです。 - Latihan pergantian Guru: わたしは ピアノが じょうずです。 Siswa: わたしは ギターが へたです。 - Latihan tanya jawab Guru: どのぐらい 日本語を ならいましたか。 Siswa: 10か月ぐらい ならいました。 | 絵カード もじカード |
応用練習 Latihan Penerapan | # Pra kegiatan - Guru menerangkan situasi dan tujuan kegiatan - Guru mencontohkan dan melatih kalimat yang akan digunakan dalam kegiatan - Guru meminta siswa mencontohkan kegiatan yang akan dilakukan agar semua siswa paham - Guru menerangkan cara membuat laporan - Guru membagikan kertas yang berisi kegiatan - Guru meminta siswa untuk mengisi kolom saya dahulu # Kegiatan - Guru memantau dan memastikan siswa melakukan kegiatan dengan benar # Pasca kegiatan - Guru meminta 3 orang siswa ke depan, 2 orang siswa bertanya jawab dan 1 orang siswa membacakan laporannya | |
まとめ Kesimpulan | Mereview pelajaran pada hari ini dan menanyakan apabila ada yang belum dimengerti siswa Memotivasi siswa dengan mempraktekkan atau bertanya kepada siswa dengan menggunakan kata/kalimat yang telah dipelajari (dalam bahasa Jepang) | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar