Sabtu, 12 November 2011

RPP bahasa Jepang XII sma pertemuan 5




教案Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


                                                                                                             
従業回    :   5
Pertemuan ke
クラス       :   XII
テーマ       :  Hal yang disukai (すきなもの)
目標           :  Dapat membandingkan beberapa jenis olah raga, mata pelajaran, makanan/minuman, dan lain-lain agar dapat menjelaskan pilihan yang paling disukai
Target
Alur 流れ (時間)
Isi Pengajaran学習内容
Alat Bantu
教材
授業の導入
Pengantar
-    Menunjukkan target pelajaran pada pertemuan ini dan memotivasi siswa dengan bertanya dalam bahasa Indonesia tentang pilihan yang paling disukai
-    Jelaskan kepada siswa bahwa pertanyaan tadi adalah pelajaran pada hari ini


復習
Pengulangan Pelajaran
Kosakata lama: すき
絵カード
導入
Pengenalan Materi
Kosakata baru:
どちら、パパイヤ、ドリアン
Dengan memperlihatkan絵カード dan 文字カード, guru melatih siswa mengucapkan kosakata baru dalam bahasa Jepang
Kelas - kelompok – siswa

Menerangkan pola kalimat:
-    KB1 KB2と どちらが すきですか。
-    KB1/KB2 の ほうが すきです。


絵カード
文字カード



基本練習
Latihan Dasar
-    Latihan pengulangan
Guru: サッカーの ほうが すきです。
Siswa:  サッカーの ほうが すきです。

-    Latihan pergantian
Guru:  さしみの ほうが すきです。
Siswa:  てんぷらの ほうが すきです。

-    Latihan Tanya jawab
Guru: ねこと うさぎと どちらが すきですか。
Siswa: ねこの ほうが すきです。

もじカード
絵カード













応用練習
Latihan Penerapan

# Pra kegiatan
-       Guru menerangkan situasi dan tujuan kegiatan
-       Guru mencontohkan dan melatih kalimat yang akan digunakan dalam kegiatan
-       Guru meminta siswa mencontohkan kegiatan yang akan dilakukan agar semua siswa paham
-       Guru menerangkan cara membuat laporan
-       Guru membagikan kertas yang berisi kegiatan
-       Guru meminta siswa untuk mengisi kolom saya dahulu

# Kegiatan
-       Guru memantau dan memastikan siswa melakukan kegiatan dengan benar

# Pasca kegiatan
-       Guru meminta 3 orang siswa ke depan, 2 orang siswa bertanya jawab dan 1 orang siswa membacakan laporannya




まとめ
Kesimpulan
Mereview pelajaran pada hari ini dan menanyakan apabila ada yang belum dimengerti siswa

Memotivasi siswa dengan mempraktekkan atau bertanya kepada siswa dengan menggunakan kata/kalimat yang telah dipelajari (dalam bahasa Jepang)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar