Sabtu, 12 November 2011

RPP bahasa Jepang XII sma pertemuan 3




教案Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


                                                                                                             
従業回    :   3
Pertemuan ke
クラス       :   XII
テーマ       :  Hal yang disukai (すきなもの)
目標           :  Dapat menyebutkan nama-nama hewan peliharaan dan ungkapan sangat suka/tidak suka terhadap sesuatu agar dapat menjelaskan hewan yang paling disukai
Target
Alur 流れ (時間)
Isi Pengajaran学習内容
Alat Bantu
教材
授業の導入
Pengantar
-    Menunjukkan target pelajaran pada pertemuan ini dan memotivasi siswa dengan bertanya dalam bahasa Indonesia tentang nama-nama hewan peliharaan beserta jumlahnya
-    Jelaskan kepada siswa bahwa pertanyaan tadi adalah pelajaran pada hari ini


復習
Pengulangan Pelajaran
Kosakata lama: いぬ、ねこ
絵カード
導入
Pengenalan Materi
Kosakata baru:
どうぶつ、うさぎ、とり、さる、かめ、へび、こい
Dengan memperlihatkan絵カード, guru melatih siswa mengucapkan kosakata baru dalam bahasa Jepang
Kelas - kelompok – siswa

Menerangkan pola kalimat:
-    KB(kelompok bendaの 中でKB(benda)が いちばんすきです。

Kosakata baru:
いちばん、きらい(な)
Dengan memperlihatkan 文字カード,guru melatih siswa mengucapkan kosakata baru dalam bahasa Jepang
Kelas - kelompok - siswa 

絵カード








文字カード



基本練習
Latihan Dasar
-    Latihan pengulangan
Guru: どうぶつの 中で うさぎが いちばん すきです。
Siswa:  どうぶつの 中で うさぎが いちばん すきです。

-    Latihan pergantian
Guru:  どうぶつの 中で うさぎが いちばん すきです。
Siswa:  どうぶつの 中で へびが いちばん きらいです。

-    Latihan Tanya jawab
Guru:  どうぶつの 中で 何が いちばん すきですか。
Siswa:  どうぶつの 中で ねこが いちばん すきです。

もじカード

絵カード









応用練習
Latihan Penerapan

# Pra kegiatan
-       Guru menerangkan situasi dan tujuan kegiatan
-       Guru mencontohkan dan melatih kalimat yang akan digunakan dalam kegiatan
-       Guru meminta siswa mencontohkan kegiatan yang akan dilakukan agar semua siswa paham
-       Guru menerangkan cara membuat laporan
-       Guru membagikan kertas yang berisi kegiatan
-       Guru meminta siswa untuk mengisi kolom saya dahulu

# Kegiatan
-       Guru memantau dan memastikan siswa melakukan kegiatan dengan benar



# Pasca kegiatan
-       Guru meminta 3 orang siswa ke depan, 2 orang siswa bertanya jawab dan 1 orang siswa membacakan laporannya


まとめ
Kesimpulan
Mereview pelajaran pada hari ini dan menanyakan apabila ada yang belum dimengerti siswa

Memotivasi siswa dengan mempraktekkan atau bertanya kepada siswa dengan menggunakan kata/kalimat yang telah dipelajari (dalam bahasa Jepang)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar