Sabtu, 12 November 2011

RPP bahasa Jepang XII sma pertemuan 1-2





教案Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 
 





                                                                                                           
従業回    :   1-2
Pertemuan ke
クラス       :   XII
テーマ       :  Hal yang disukai (すきなもの)
目標           :  Dapat menyebutkan berbagai jenis olah raga dan mata pelajaran serta ungkapan   yang menyatakan suka/tidak suka agar dapat mengungkapkan kesukaan / ketidaksukaan.
Target
Alur 流れ (時間)
Isi Pengajaran学習内容
Alat Bantu
教材
授業の導入
Pengantar
-    Menunjukkan target pelajaran pada pertemuan ini dan memotivasi siswa dengan bertanya dalam bahasa Indonesia tentang berbagai jenis olah raga dan mata pelajaran yang disukai/tidak disukai
-    Jelaskan kepada siswa bahwa pertanyaan tadi adalah pelajaran pada hari ini


復習
Pengulangan Pelajaran
Kosakata lama: テニス、にほんご、えいご、すうがく、れきし
絵カード
導入
Pengenalan Materi
Kosakata baru:
スポーツ、ピンポン、バレーボル、バドミントン、
バスケットボール、からて、シラット、スイエイ、やきゅう、
ジョギング
Dengan memperlihatkan絵カード, guru melatih siswa mengucapkan kosakata baru dalam bahasa Jepang
Kelas - kelompok – siswa

Menerangkan pola kalimat:
-    KB(orang)KB(hal)が すきです。/ すきでは ありません。/ すきですか。
-    どんなKB(hal)がすきですか。

Kosakata baru:
すき(な)、うた、みかん
Dengan memperlihatkan 文字カード,guru melatih siswa mengucapkan kosakata baru dalam bahasa Jepang
Kelas - kelompok - siswa  

絵カード











文字カード
基本練習
Latihan Dasar
-    Latihan pengulangan
Guru: わたしは スポーツが すきです。
Siswa: わたしは スポーツが すきです。 

-    Latihan pergantian
Guru: わたしは スポーツが すきです。
Siswa: わたしは スポーツが すきでは ありません。

-    Latihan Tanya jawab
Guru: どんな スポーツが すきですか。
Siswa: からてが すきです


もじカード

絵カード



応用練習
Latihan Penerapan

# Pra kegiatan
-       Guru menerangkan situasi dan tujuan kegiatan
-       Guru mencontohkan dan melatih kalimat yang akan digunakan dalam kegiatan
-       Guru meminta siswa mencontohkan kegiatan yang akan dilakukan agar semua siswa paham
-       Guru menerangkan cara membuat laporan
-       Guru membagikan kertas yang berisi kegiatan
-       Guru meminta siswa untuk mengisi kolom saya dahulu

# Kegiatan
-       Guru memantau dan memastikan siswa melakukan kegiatan dengan benar

# Pasca kegiatan
-       Guru meminta 3 orang siswa ke depan, 2 orang siswa bertanya jawab dan 1 orang siswa membacakan laporannya


まとめ
Kesimpulan
Mereview pelajaran pada hari ini dan menanyakan apabila ada yang belum dimengerti siswa

Memotivasi siswa dengan mempraktekkan atau bertanya kepada siswa dengan menggunakan kata/kalimat yang telah dipelajari (dalam bahasa Jepang)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar